Download Installer OS X / macOS for Hackintosh or Real Mac Device

Download Installer OS X / macOS for Hackintosh or Real Mac Device untuk para Hackintosher atau pengguna real mac device.

Catalina Button  

ZenMac Mojave Button

Pesan Online Flashdisk Instalasi Hackintosh / Mac

Untuk Hackintosher yang tidak mau berpusing ria dalam urusan download dan membuat USB Installer untuk Hackintosh / Mac bisa melakukan pembelian online USB Installer Hackintosh ke saya. Sebelum melakukan pembelian harap terlebih dahulu memahami atau melalukan check detail terhadap spesifikasi dari perangkat PC Notebook / PC Desktop / Mac yang sedang digunakan. Info ini akan sangat berarti dalam proses konfigurasi USB Installer, khusus untuk Mac cukup memberikan info produk dengan tujuan mengetahui batasan OS X yang disupport. Untuk info lebih lengkap dan lain lain silahkan klik icon di bawah. 100% dijamin USB Installer yang dipesan akan bisa masuk GUI Installer untuk melakukan proses penginstallan.

Jasa Install Hackintosh / Mac

Jasa Install Hackintosh,

1.Perakitan Unit Hackintosh, Fix Problem Hackintosh, Install Hackintosh di PC Desktop / Notebook sepanjang hardware di support
2. Install Ulang iMac, Macbook, MacbookPro, iMacPro, MacPro series
3. Anda berdomisili di luar daerah Bandung / Cimahi / Bandung Barat??? Instalasi Hackintosh tetap bisa dilakukan dari awal via REMOTE with Any Desk (disarankan untuk yang memiliki koneksi memadai kisaran 5Mb/s ke atas) detail prosedur silahkan klik "DISINI" atau tombol di bawah
4. Untuk yang tak mau remote dan berdomisili di luar daerah Bandung / Cimahi / Bandung Barat bisa mengirimkan Unit via Jasa pengiriman (MEX, JNE atau TIKI).

Untuk yang berminat silahkan klik Icon di bawah

Hasil Oprekan Hackintosh by Andresha

Andresha Build

Telegram Group (Hackintosh Nusantara)

Facebook Group (Hackintosh Indonesia)

Andresha Facebook Fans Page

Traffic

4.png0.png3.png4.png1.png8.png
Today391
Yesterday1002
This week391
This month17715
Total403418

Visitor Info

  • IP: 100.24.122.228
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

5
Online

Monday, 21 October 2019 11:10

Cara Install Clover Bootloader r4784 ke Harddisk atau Flashdisk Installer Hackintosh di OS X / macOS - Support Legacy dan UEFI Boot Mode

Pada kesempatan kali ini saya kembali lagi membuat turorial penginstallan CLOVER BOOTLOADER ke Harddisk yang telah diinstall macOS (Hackintosh) ataupun untuk Flashdisk Installer Hackintosh. Bagi yang belum tau, sebagai info dasar saya mencoba memaparkan bahwa salah satu fungsi dari CLOVER BOOTLOADER itu sendiri adalah jembatan antara BIOS perangkat kalian (PC / Laptop) untuk terhubung dengan Partisi macOS kalian sehingga bisa terbaca oleh System Device kalian. Itu pun masih merupakan salah satu dari sebagian kecil dari fungsi CLOVER BOOTLOADER itu sendiri. Menginstall CLOVER BOOTLOADER ke Harddisk bukan berarti system yang telah diinstall atau Flashdisk Installer akan bisa langsung boot ke GUI Installer, setelah proses Install CLOVER BOOTLOADER maka system anda hanya memiliki settingan default dari Installer CLOVER Bootloader itu sendiri. Anda masih perlu melakukan proses configurasi terhadap Config.plist, menambahkan kext terkait device perangkat anda dan mengcopy DSDT / SSDT bila sebelumnya telah anda dan berjalan dengan baik.

Settingan yang akan saya paparkan ini bisa digunakan untuk boot dalam mode Legacy maupun UEFI. Jadi mohon dibaca dengan teliti dan sebaik mungkin. Di list download saya juga mencantumkan file HFSPlus.efi dan NTFS.efi yang penggunaannya akan saya jelaskan dibawah.

 

 

1. Download terlebih dahulu Clover bootloader r4784 dan beberapa file di bawah. Untuk Clover Bootloader saya arahkan ke web official di Sourceforge, cek link di bawah,

2. Jalankan Clover Bootloader dengan cara double click, klik "Continue"

3. Klik "Continue" kembali,

 

4. Pada pilihan Print, Save, Go Back and Continue maka pilih Continue, klik sekali.

5. Pada menu tampilan di bawah ini maka klik pada opsi Change Install Location

6. Nah sekarang kalian akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah kurang lebih, maka arahkan ke partisi yang dimana OS X atau macOS kalian terinstall kemudian klik Continue

 

7. Kemudian kalian akan dikembalikan pada tampilan seperti di bawah ini, cukup klik Customize.

8. Ikuti centangan centangan sesuai dengan gambar di bawah, jangan centang "Install UEFI booting only" atau media storage tersebut hanya akan bisa boot dalam mode UEFI saja (tidak support Legacy Boot). Centangan "Install Clover in the ESP" bertujuan agar Clover terinstall di Partisi EFI dari harddisk yang salah satu partisinya kalian pilih jadi tempat instal Clover Bootloader.

9. Ikuti centangan centangan berikut dengan teliti.

10. Sama, ikuti centangan centangan sesuai gambar di bawah, uncentang SMCHelper-64 bila kamu lebih memilih VirtualSMC.kext daripada FakeSMC.kext. Tapi bila kamu menggunakan FakeSMC.kext maka opsi file ini harap dicentang,

11. Masih sama cukup centang sesuai dengan gambar di bawah, jangan centang "CsmVideoDxe-64" karena di beberapa perangkat notebook atau PC tampilan akan menjadi black screen saja ketika entry Installer macOS atau entry System OS X/macOS dipilih (tidak ada log verbose atau loading progress).

12. Ikuti centang opsi opsi yang ditampilkan pada gambar di bawah,

 

13. Nah bila Partisi yang dipilih pada Point 6 adalah,

   A. Harddisk / SSD, maka kalian perlu mencentang 4 opsi di bawah ini ("Install RC Scripts on target volume", "Install all RC Scripts on all other bootable volume", "Optional RC Scripts" dan "Install Clover Preference Pane").

  B. Flashdisk Installer, maka kalian tidak perlu mencentang 4 opsi di bawah ini ("Install RC Scripts on target volume", "Install all RC Scripts on all other bootable volume", "Optional RC Scripts" dan "Install Clover Preference Pane").

   Oh iya, PartitionDxe-64 jangan lupa dicentang ya. Cek gambar.

Klik Install dan proses penginstallan Clover berjalan akan berjalan. Setelah selesai maka artinya Clover Bootloader sudah terinstall. Tujuannya 3 opsi awal adalah membantu proses "Saving dan Writing NVRAM" dan opsi berikutnya adalah untuk memunculkan "Preference Pane Clover" di menu "Preference"

14. Setelah mengklik tombol Install pada point 13 maka akan muncul window yang meminta Password untuk melanjutkan proses install, masukkan password dan klik "Install Softaware"

 

 

15. Process Install akan berlangsung,, dan selesai

16. Setelah proses instalasi Clover Bootloader berhasil, maka partisi EFI dari harddisk yang salah satu partisinya kalian install Clover Bootloader akan otomatis muncul di Finder. Copy file "HFSPlus.efi" dan paste ke "EFI/CLOVER/drivers64UEFI",  jangan lupa tambahkan dengan "NTFS.efi". Fungsi HFSPlus.efi adalah untuk membaca Partisi yang berformat HFS+ (Journaled) di boot entry CLOVER (perlu diingat di High Sierra maka pada saat proses install akan otomatis mengubah storage SSD to APFS, dan Mojave mutlak menggunakan APFS untuk semua type Storage, baik itu HDD ataupun SSD). Sedangkan NTFS.efi untuk membaca entry dari partisi NTFS pada macOS versi lama. File file ini (NTFS.efi dan HFSPlus.efi) juga kalian copas ke "EFI/CLOVER/drivers64" untuk membantu saat boot dalam mode LEGACY.

17. Dan untuk kexts harap diletakkan di folder dengan directori "EFI/CLOVER/Kexts/Others" sehingga Clover akan menggunakannya untuk apapapun versi OS yang diboot (universal path).

18. Ingat kext VirtualSMC.kext atau FakeSMC.kext harus dan wajib digunakan dan TIDAK BOLEH DIGUNAKAN SECARA BERSAMAAN, salah satu ciri kext ini tidak ada adalah tidak adanya log saat boot dalam mode verbose (boot argument dengan "-v") bertuliskan "DSMOS Has Arrived" yang ada hanya "Waiting for DSMOS". Setelah log "Waiting for DSMOS" maka seharusnya bila FakeSMC.kext terload dengan benar akan muncul log "DSMOS Has Arrived". Letakkan kext ini sesuai dengan penjelasan pada Point 16. Kext kext lainnya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan karena beda Spesifikasi hardware akan membutuhkan beda kebutuhan kext pula.

19. Selanjutnya configurasi "Config.plist" yang berada di "EFI/CLOVER", ada sebuah tool yang bisa membantu kalian yaitu "Clover Configurator" dan sekali lagi selamat berexplore karena beda spesifikasi beda konfigurasi. Silahkan download Clover Configurator pada link di bawah, saya arahkan ke website official.

20. Flashdisk Installer / Harddisk telah siap digunakan.

 

SPECIAL NOTE : Bila kalian sebelumnya sudah punya Installer yang berisi folder Clover yang settingannya sudah tokcer bin maknyus, maka setelah proses Instalasi Clover bootloader beres cukup Copy folder CLOVER yang kalian anggap / terbukti sesuai dengan system kalian ke "EFI/" menggantikan folder Clover yang barusan dibuat oleh proses Instalasi Clover.

 

DOWNLOAD CLOVER BOOTLOADER from SOURCEFORGE
Clover Bootloader Download

DOWNLOAD CLOVER CONFIGURATOR from OFFICIAL PAGE
Clover Configurator

Download NTFS.efi via GOOGLE DRIVE
NTFS.efi

Download HFSPlus.efi via GOOGLE DRIVE
HFSPlus.efi

Back to Top